Home Berita Mini Bank Tribakti: Sarana Praktik Mahasiswa dalam Upaya Menciptakan Praktisi Perbankan Syariah...

Mini Bank Tribakti: Sarana Praktik Mahasiswa dalam Upaya Menciptakan Praktisi Perbankan Syariah yang Kompeten

24 views
0
SHARE

Mini Bank Tribakti merupakan salah satu sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri. Mini Bank Tribakti sebagai sarana praktik bagi mahasiswa dalam mempelajari operasional perbankan syariah. Mini Bank ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan.

Mini Bank Tribakti menyediakan berbagai layanan perbankan syariah, seperti simulasi pembukaan rekening, tabungan, dan deposito. Mahasiswa dapat mempraktikkan langsung proses-proses tersebut, mulai dari interaksi dengan nasabah hingga pencatatan transaksi. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami konsep dan praktik perbankan syariah secara lebih mendalam.

Selain sebagai sarana praktik, Mini Bank Tribakti juga akan digunakan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa sebelum magang di lembaga keuangan syariah. Pembekalan ini akan meliputi materi tentang etika dan budaya kerja sampai operasional di lembaga keuangan syariah, serta tips dan trik untuk sukses dalam magang.

Di masa depan, Mini Bank Tribakti juga berencana untuk membuka Agen BSI. Agen BSI adalah layanan keuangan yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi perbankan syariah di luar kantor cabang bank. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan syariah, khususnya di wilayah kampus dan masyarakat sekitar.

Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi UIT, Dr. H. Ahmad Fauzi, Lc., M.H.I. mengatakan bahwa Mini Bank Tribakti merupakan salah satu upaya fakultas untuk meningkatkan kualitas lulusan. “Kami ingin mahasiswa kami tidak hanya memiliki pengetahuan teoretis, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh industri perbankan syariah,” ujarnya.

Dr. Fauzi menambahkan bahwa Mini Bank Tribakti juga diharapkan dapat menjadi pusat edukasi dan literasi keuangan syariah bagi masyarakat umum. “Kami ingin masyarakat lebih mengenal dan memahami sistem keuangan syariah, sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” imbuhnya.

Pembentukan Mini Bank Tribakti ini disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI menyatakan kesiapannya untuk menjalin Kerjasama lebih lanjut dengan Mini Bank Tribakti dalam berbagai bidang, seperti pelatihan dan pendampingan mahasiswa.

Dengan berbagai keunggulannya, Mini Bank Tribakti diharapkan dapat menjadi wadah yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat dalam mempelajari dan menerapkan sistem keuangan syariah. Buku Panduan Mini Bank.