Home Berita Diskusi Fakultatif Prodi Hukum Keluarga Dengan Tema “Membongkar Akal Politik Arab”

Diskusi Fakultatif Prodi Hukum Keluarga Dengan Tema “Membongkar Akal Politik Arab”

95 views
0
SHARE

Pada hari Kamis tanggal 10 November 2022, Badan Eksekutif Mahasiswa Syari’ah (BEM-F Syariah) menyelenggarakan kegiatan Diskusi Rutinan Ahwal Syakhshiyah (AS). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Syari’ah dengan tema “Teori muhaddidat Al Jabiri: Membongkar Akal Politik Arab”.

Acara ini menghadirkan Bpk. Ahmad Badi,S.HI.,M.Pd.I sebagai pemantik pada kesempatan diskusi kali ini. Beliau memaparkan materi dengan sangat semangat, tentang Mohamed Abed Al Jabiri yang merupakan salah satu filsuf Maroko dan Arab yang paling terkenal dan dikenal juga sebagai tokoh filosof besar. Lahir di Figuig, Maroko (1935), ia pun juga menghasilkan beberapa karyanya yang rata-rata berkecimbung dalam epistemologi Islam.

Dengan tema yang diambil pada diskusi kali ini yaitu “Membongkar Akal Politik Arab” yang dipaparkan dengan melihat dari sudut pandang Al Jabiri. Motif Akal Politik Arab menurut Al Jabiri dengan yang dilihat dengan Aql Mukawwin, yaitu kumpulan prinsip dan kaidah yang diciptakan oleh Ulama Arab-Islam ditengah-tengah kultur intelektual Arab sebagai alat produksi pegetahuan. Dari Aql Mukawwin itu pun terbentuk yang namanya tradisi, turast, atau warisan yang mempengaruhi akal manusia mulai dari hal yang positif bahkan ke hal negatif.

  1. Al-Aqidah

Dalam hal ini dikerucutkan dalam dakwah Islam yang dipadukan dengan muatan-muatan politis

  1. Al-Qobilah (kekeluargaan)

Dari sistem politik Arab tidak bisa lepas dari Al-Qobilah, dikarenakan bangsa Arab memiliki sifat dasar fanatik atas bani nya sendiri, menurut Ibnu Kholdun “Bangsa Arab identik dengan Ashabiyah/fanatik kekeluargaan”.

  1. Ganimah

Karakteristik ghanimah ini ialah adanya paganisme yang menggunakan objek berhala yang dibawa oleh para pendatang dan diletakkan di sekeliling Ka’bah itu juga dimanfaatkan sebagai devisa bangsa Arab yang cukup besar pada masa itu.

Demikianlah sedikit materi yang dipaparkan oleh Beliau, kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus yang sudah ikut andil mensukseskan acara Diskusi fakultatif Ahwal Syakhshiyah, semoga acara ini membawa manfaat bagi audiensi dan dapat berkembang dengan lebih baik lagi kedepannya