Home Berita Perkuat Kerjasama – Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo melakukan Benchmarking ke UNIRA...

Perkuat Kerjasama – Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo melakukan Benchmarking ke UNIRA Malang.

182 views
0
SHARE

Benchmarking atau studi banding merupakan kesadaran akademik untuk meningkatan budaya organisasi. Hal ini sejalan dengan tuntutan perkembangan lembaga pendidikan Islam. Fakultas Syariah Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri mengimplementasikan kesadaran akademik tersebut melalui program Benckmarking Ke UNIRA Malang pada Selasa, 27 Desember 2022.

Benchmarking ini diikuti kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari unsur pimpinan meliputi wakil rektor, dekan, kaprodi. Dan juga dosen, tenaga kependidikan serta mahaiswa dari berbagai program studi.

Menurut KH. Imron Rosyadi Hamid, SE., M.Si, Rektor Universitas Raden Rahmat (Unira) Malang, kegiatan ini sangat penting dilakukan oleh UNIRA dan UIT Lirboyo Kediri. Kedua lembaga ini tidak semata-mata dimaknai sebagai perguruan tinggi, akan tetapi sebagai wadah kaderisasi, mencetak ulama-ulama berwawasan global. Lebih utamanya, Kedua lembaga sepakat berfokus menjadikan lembaga perguruan tinggi sebagai pengembangan pengetahuan berperspektif, integrasi keilmuan berlandasakan ahlussunah waljamaah an nahdliyah.

Senada dengan H. Imron Rosyadi Hamid, Dr. H. Badrus, M.Pd. menjelaskan peran penting kerjasama antara UIT Lirboyo Kediri dan UNIRA Malang. Kerjasama yang dilakukan kedua lembaga ini, sejatinya sedang menangkap tantangan global, sinergitas berdaya saing internasional tanpa meninggalkan akar ideologinya. Kerjasama ini juga menjadi pondasi bersama melakukan penguatan sendi-sendi kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara berpersepektif moderasi.

Kegiatan selanjutnya yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangai oleh kedua rektor. Dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). MoA antara Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIRA Malang yang masing-masing diwakili dekannya yakni Dr. H. Ahmad Fauzi, Lc, M.H.I. dan M. Yusuf Azwar Anas, M.M. selanjutnya yaitu saling bertukar cinderamata dari kedua belah pihak dan seksi foto bersama. Dan untuk menambah keakraban setelah itu rombongan disuguhkan dengan tarian tradisional dari mahasiswa Unira Malang.

Selepas opening ceremony, kegiatan selanjutnya adalah sharing session. Diskusi yang intens dilaksanakan antara Fakultas Syariah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini berlangsung “gayeng”. Fakultas Syariah ingin mengoptimalkan kembali Bank Mini Syariah yang ada di Fakultas Syariah. Agar dapat berjalan dengan baik seperti Bank Mini Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unira Malang.

Keduanya sepakat untuk melakukan penelitian bersama pada tahun 2023. Adapun desiminasi hasil-hasil kegiatan ini, akan dijadikan evaluasi bersama untuk meningkatkan kualitas kerjasama dari Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri dengan Unira Malang.